September 30, 2012

Perbedaan ID, EGO, dan SUPEREGO


ID
EGO
SUPEREGO
Original sistem, asalmuasal dari system yang lain. Berisi insting dan penyedia enerji psikik untuk dapat beroperasinya system yang lain. Hanya mengetahui dunia dalam; tidak berhu-bungan dengan dunia luar, tidak memiliki pengetahuan mengenai realitas objektif.
Berkembang dari id untuk menangani dunia eksternal. Memperoleh enerji dari id. Memiliki pengetahuan baik mengenai dunia dalam maupun realitas objektif.
Berkembang dari ego un-tuk berperan sebagai tangan-tangan moral ke-pribadian. Merupakan wu-jud internalisasi nilai-nilai orang tua. Dikelompokkan menjadi dua; conscious (yang menghukum tingkah laku yang salah), dan ego ideal (yang menghadiahi tingkah laku yang benar). Seperti id, superego tidak berhubungan dengan dunia luar, tidak memiliki pe-ngetahuan mengenai realitas objektif.
Mengikuti prinsip kenik-matan dan bekerja dalam bentuk proses primer. Tujuannya tunggal yakni mengenali kenikmatan dan rasa sakit sehingga dapat memperoleh kenikmatan dan menghindari rasa sakit.
Mengikuti prinsip realita dan bekerja dalam bentuk proses sekunder. Tujuan-nya untuk membedakan antara fantasi dengan realita sehingga dapat memuaskan kebutuhan organisme. Harus dapat menggabungkan kebutuhan id, superego dan dunia eksternal. Tujuan umum-nya adalah mempertahan-kan hidup dan kehidupan jenisnya.
Mengikuti prinsip conscious dan ego ideal. Tujuannya membedakan antara benar dan salah dan menuntut bahwa diri telah mematuhi ancaman moral, dan memuaskan kebutuhan kesempurnaan.
Mencari kepuasan insting segera.
Menunda kepuasan insting sampai kapuasan itu dapat dicapai tanpa mengalami konflik dengan superego dan dunia eksternal.
Menghambat kepuasan insting.
Tidak rasional.
Rasional.
Tidak rasional.
Beroperasidi daerah unconscious.
Beroperasi di daerah conscious, preconscious, dan unconscious.
Beroperasi di daerah conscious, preconscious, dan unconscious.





2 comments:

Ui Dolphincoach said...

sy msh bingung membedakan ego n super ego, bisa tolong di buatkan contohnya gan? thanks before :)

ariermawan said...

Contoh ID: peningkatan rasa lapar atau haus harus menghasilkan upaya segera untuk makan atau minum. (belum sampai pada pemenuhan)
Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas, Rasa lapar yang ada memaksa seseorang untuk segera makan dan minum.

Komentar Terkini