July 20, 2020

SBDP Kelas VI, Membuat Patung


Karya seni Patung
  1. Patung adalah suatu karya seni hasil dari cipta karya manusia berbentuk tiga dimensi. Tiga dimensi = memiliki ukuran panjang, lebar, dan ketebalan
  2. Seniman yang membuat  patung disebut pematung.
  3. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang mempunyai nilai artistik dan daya jual yang tinggi dan dapat bertahan lama.
  4. Pada umumnya patung terbuat dari bahan dasar yang keras seperti perak, perunggu, kayu, batu dan granit. Namun kita juga dapat membuat patung dari bahan yang lunak dan murah, seperti tanah liat, sabun batangan, dan bubur kertas.


Teknik Pembuatan Patung : 

  1. Teknik modeling  adalah  teknik dalam membuat patung dengan cara membuat model terlebih dahulu sebelum patung sbenarnya dibentuk.
  2. Teknik merakit adalah teknik membuat patung dengan cara merakit  bahan dasar patung kemudian merangkainnya  hampir mirip dengan permainan puzzle.
  3. Teknik cetak atau cor teknik dalam membuat  patung dengan cara memanaskan bahan dasar patung yaitu logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.
  4. Teknik membentuk adalah  teknik dalam membuat patung dengan cara membentuk patung secara  bertahap sehingga tercipta patung yang kita inginkan. Biasanya hasil dari teknik ini lebih maksimal karena menggunakan perasaan atau feeling dalam membentuknya.
  5. Teknik butsir adalah teknik dalam  membuat patung dari bahan dasar patung yang lunak seperti tanah liat dan gips yaitu dengan cara mengurangi dan menambah bagian-bagian bahan dasar patung sehingga tercipta karya patung yang cantik.
  6. Teknik pahat adalah teknik dalam membuat patung dari bahan dasar keras seperti kayu, tulang, batu, granit dengan mengurangi bagian yang tidak diperlukan sehingga tercipta bentuk patung yang diinginkan.

Tugas:

Buatlah sebuah patung dengan bahan dasar sabun batang dengan teknik membutsir! (Bentuk bebas)

Alat dan bahan
Alat:
  1. Cutter/pisau (untuk membutsir)
  2. Piring plastik (sebagai alas)

Bahan: Sabun batangan

Contoh hasil karya:


Kumpulkan tugasmu melalui google classroom berupa:
1. Foto catatan
2. Foto saat mengerjakan
3. Foto patung hasil pekerjaan

Selamat melaksanakan tugas, tetap semangat, dan sukses selalu!



Komentar Terkini