Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Pangudi Luhur
Kelas /Semester :
III / genap
Mata Pelajaran :
IPS
Alokasi Waktu : 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
B.
Kompetensi Dasar
Memahami kegiatan jual beli di
lingkungan rumah dan sekolah.
C.
Materi Pokok
Pasar tradisional dan modern.
D.
Indikator
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian pasar
2.
Siswa dapat
menyebutkan kegiatan di pasar
3.
Siswa dapat mendeskripsikan
pasar tradisional.
4.
Siswa dapat mendeskripsikan
pasar modern.
Karakter
siswa yang diharapkan:
1.
Mandiri
2.
Kritis
3.
Bertanggung
jawab
E.
Metode
Tanya
jawab dan bermain peran
F.
Media
Slide
power point dan property
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Menyanyikan
lagu “pamanku dari desa”.
b. Tanya
jawab tentang kegiatan yang dilakukan dalam keluarga.
2. Kegiatan
Inti
a. Siswa
menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di pasar.
b. Bermain
peran memperagakan ciri-ciri pasar tradisional.
c. Siswa
menyebutkan ciri-ciri pasar tradisional.
d. Bermain
peran memperagakan ciri-ciri pasar modern.
e. Siswa
menyebutkan ciri-ciri pasar modern.
f. Siswa
mengerjakan LKS.
3. Kegiatan
Akhir
a. Siswa
menyebutkan kembali pengertian pasar dan ciri-ciri pasar tradisional dan
modern.
b. Guru
memberikan PR.
H.
Sumber
Belajar
1. Buku
Paket IPS III
2. Internet
I.
Penilaian
Format
Penilaian Proses
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
TOTAL SKOR
|
||
MANDIRI
|
KRITIS
|
BERTANGGUNG JAWAB
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Format
Penilaian Hasil
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jakarta, 28 Mei 2012
Mengetahui, Guru
Kelas III
Kepala SD Pangudi Luhur
(……………………………) M. ARI ERMAWAN
No comments:
Post a Comment