September 30, 2012

CONTOH RPP IPS (PASAR)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SD Pangudi Luhur
Kelas /Semester          : III / genap
Mata Pelajaran            : IPS
Alokasi Waktu            : 35 menit


A.    Standar Kompetensi
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.

B.     Kompetensi Dasar
Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.

C.    Materi Pokok
Pasar tradisional dan modern.

D.    Indikator
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian pasar
2.      Siswa dapat menyebutkan kegiatan di pasar
3.      Siswa dapat mendeskripsikan pasar tradisional.
4.      Siswa dapat mendeskripsikan pasar modern.

Karakter siswa yang diharapkan:
1.      Mandiri
2.      Kritis
3.      Bertanggung jawab

E.     Metode
Tanya jawab dan bermain peran

F.     Media
Slide power point dan property


G.    Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal
a.       Menyanyikan lagu “pamanku dari desa”.
b.      Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan dalam keluarga.

2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di pasar.
b.      Bermain peran memperagakan ciri-ciri pasar tradisional.
c.       Siswa menyebutkan ciri-ciri pasar tradisional.
d.      Bermain peran memperagakan ciri-ciri pasar modern.
e.       Siswa menyebutkan ciri-ciri pasar modern.
f.       Siswa mengerjakan LKS.

3.      Kegiatan Akhir
a.       Siswa menyebutkan kembali pengertian pasar dan ciri-ciri pasar tradisional dan modern.
b.      Guru memberikan PR.

H.    Sumber Belajar
1.      Buku Paket IPS III
2.      Internet

I.       Penilaian
Format Penilaian Proses
NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
TOTAL SKOR
MANDIRI
KRITIS
BERTANGGUNG JAWAB

























Format Penilaian Hasil
NO
NAMA SISWA
NILAI














  


    Jakarta, 28 Mei 2012
Mengetahui,                                                                            Guru Kelas III                       
Kepala SD Pangudi Luhur     



(……………………………)                                                  M. ARI ERMAWAN










No comments:

Komentar Terkini