September 30, 2012

Contoh Laporan Hasil Uji Coba Tes (Asessmen Pembelajaran)


PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pembuatan soal menjadi hal wajib yang harus dikerjakan oleh guru untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi siswa. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan soal agar soal dapat dikatakan baik. Ada beberapa kriteria tes yang berkualitas, yaitu valid, relevan, spesifik, representatif, seimbang, sensitif, fair, dan praktis.
Setelah melalui diskusi dalam kelompok, akhirnya diputuskan untuk menyusun soal tes mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas VI semester genap. PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah (UAS).
Soal yang dibuat akan diujicobakan kepada siswa kelas VI SDLB/B Pangudi Luhur Jakarta Barat yang beralamatkan di Jl. Pesanggrahan 125 Kembangan, Jakarta Barat. Meskipun siswa tersebut mengalami gangguan ketunarunguan, namun tidak berarti siswa juga mengalami gangguan intelektual, sehingga tidak menjadi hambatan untuk dijadikan subyek uji coba soal tes PKn.

B.     Tujuan Uji Coba
Tujuan uji coba ini adalah:
1.      Memupuk kerja sama dalam kelompok
2.      Dapat menyusun kisi-kisi dengan sebaran materi yang seimbang
3.      Dapat menyusun soal yang sesuai dengan indikator
4.      Dapat menganalisis pembuatan soal yang baik
5.      Melatih ketelitian menghitung
6.      Membandingkan korelasi antara hasil uji coba dengan hasil UAS
7.      Menyimpulkan baik atau tidaknya suatu soal berdasarkan kriteria

8.       
BAB II
PERSIAPAN TES

A.    Materi Pembelajaran

Mata pelajaran             : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas/semester            : VI/Genap
Materi Pembelajaran   :
1.      Lembaga-lembaga negara
2.      Pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah
3.      Kerjasama negara-negara di Asia Tenggara

B.     Bentuk Tes

Jenis tes yang diujicobakan:
Pilihan ganda  : 20 soal
Uraian                         : 2 soal

C.    Kelompok Subyek

Siswa kelas VI SDLB/B Pangudi Luhur Jakarta yang berjumlah 25 anak.

D.    Kisi-kisi Tes

(terlampir)


BAB III
HASIL UJI COBA TES

A.    Analisis Rasional

Setelah kisi-kisi dan soal disusun dan diperiksa oleh Ibu Laura maupun kelompok lain, ternyata masih banyak kekurangan, di antaranya:
1.      Masih terdapat kata kerja pada indikator yang perlu direvisi karena tidak operasional, yaitu “menjelaskan, menuliskan, menyebutkan” pada soal Pilihan Ganda (PG)
2.      Soal tidak sesuai dengan indikator karena pengetikan nomor-nomor soalnya salah, sehingga perlu diperbaiki letak nomor-nomor soalnya.



B.     Analisis Empiris

1.      Analisis soal
NOMOR SOAL
U
M
L
U+M+L
U-L
IK
ID
KESIMPULAN
TK
DP
HASIL
1
6
1
1
8
5
0,32
0,83
Sdg
BS
Revisi
2
6
1
1
8
5
0,32
0,83
Sdg
BS
Revisi
3
6
13
3
22
3
0,79
0,50
Mdh
Baik
Revisi
4
4
1
2
7
2
0,28
0,33
Skr
Ckp
Revisi
5
6
13
6
25
0
1,00
0,00
SM
Rndh
Drop
6
6
13
4
23
2
0,92
0,33
SM
Ckp
Revisi
7
6
13
2
21
4
0,84
0,67
SM
Baik
Revisi
8
6
13
4
23
2
0,92
0,33
Skr
Ckp
Revisi
9
4
2
3
9
1
0,36
0,17
SM
Rndh
Drop
10
6
13
3
22
3
0,88
0,50
SM
Baik
Revisi
11
6
13
2
21
4
0,84
0,67
SM
Baik
Revisi
12
6
12
4
22
2
0,79
0,33
Mdh
Ckp
Revisi
13
6
13
3
22
3
0,79
0,50
Mdh
Baik
Revisi
14
5
12
2
19
3
0,76
0,50
Mdh
Baik
Revisi
15
6
13
3
22
3
0,79
0,50
Mdh
Baik
Revisi
16
6
13
5
24
1
0,96
0,17
SM
Rndh
Drop
17
6
11
2
19
4
0,76
0,67
Mdh
Baik
Revisi
18
6
12
3
21
3
0,84
0,50
SM
Baik
Revisi
19
6
8
2
16
4
0,64
0,67
Mdh
Baik
Revisi
20
6
13
4
23
2
0,92
0,33
SM
Ckp
Revisi
Kesimpulan:
Jumlah soal yang dipakai           : 0 soal
Jumlah soal yang ditolak            : 3 soal
Jumlah soal yang direvisi           : 17 soal
2.      Kualitas pernyataan
(dihitung dengan rumus korelasi point biserial)
NOMOR SOAL
r hitung
r table (1%)
HASIL
1
0,451
0,526
Tidak valid
2
0,451
0,526
Tidak valid
3
0,858
0,526
Valid
4
0,338
0,526
Tidak valid
5
0,000
0,526
Tidak valid
6
0,640
0,526
Valid
7
0,655
0,526
Valid
8
0,535
0,526
Valid
9
0,019
0,526
Tidak valid
10
0,858
0,526
Valid
11
0,655
0,526
Valid
12
0,567
0,526
Valid
13
0,421
0,526
Tidak valid
14
0,623
0,526
Valid
15
0,858
0,526
Valid
16
0,000
0,526
Tidak valid
17
0,480
0,526
Tidak valid
18
0,375
0,526
Tidak valid
19
0,227
0,526
Tidak valid
20
0,000
0,526
Tidak valid
Kesimpulan:
Jumlah soal yang Valid              : 9 soal
Jumlah soal yang tidak valid      : 11 soal


3.      Validitas tes
(dihitung dengan  rumus korelasi produt moment, dengan membandingkan hasil tes uji coba dengan nilai UAS)
NO
NAMA SUBJEK
NILAI UAS  (X)
SKOR UJI COBA TES (Y)
xy
1
Ruth
95
20
1900
9025
400
2
Jovita
98
20
1960
9604
400
3
Cakra
93
20
1860
8649
400
4
Dorothy
93
19
1767
8649
361
5
Aisyah
88
18
1584
7744
324
6
Purwanto
85
18
1530
7225
324
7
Giovanni
88
18
1584
7744
324
8
Verin
85
17
1445
7225
289
9
Vonny
83
16
1328
6889
256
10
Dilla
83
16
1328
6889
256
11
Lio
83
16
1328
6889
256
12
Willi
80
16
1280
6400
256
13
Dian
80
16
1280
6400
256
14
Igna
78
15
1170
6084
225
15
Evan
75
15
1125
5625
225
16
Zerlin
75
15
1125
5625
225
17
Nirwan
70
15
1050
4900
225
18
Andre
65
14
910
4225
196
19
Agus
68
14
952
4624
196
20
Gesang
65
14
910
4225
196
21
Shanes
63
13
819
3969
169
22
Jenny
60
13
780
3600
169
23
Samuel
58
10
580
3364
100
24
Gren
55
7
385
3025
49
25
Ashyra
55
5
275
3025
25

 TOTAL
1921
380
30255
151623
6102

Perhitungan korelasi product moment = 0,9230

DB = N – 2
       = 25 – 2
       = 23

Pada DB 23 taraf signifikan terhadap 5% = 0,505.  Sehingga hasil  > DB

Kesimpulan:
Soal dinyatakan valid.



4.      Reliabilitas tes
(dihitung dengan rumus kr20)

Mean     = 15,35

Variance =2,77
          

Soal tes dinyatakan reliabel



BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan

Dari hasil uji coba tes PKn dengan subyek siswa SDLB/B Pangudi Luhur Jakarta dapat disimpulkan:
1.   Berdasarkan analisis rasional, beberapa kata kerja indikator soal tidak operasional sehingga perlu direvisi, yaitu kata kerja “menjelaskan, menuliskan, menyebutkan” pada soal Pilihan Ganda
2.      Berdasarkan analisis 20 soal, 17 soal perlu direvisi dan 3 soal drop atau perlu diganti.
3.  Berdasarkan analisis kualitas pernyataan, hasilnya 9 soal dinyatakan valid dan 11 soal dinyatakan tidak valid
4.      Berdasarkan analisis validitas tes diperoleh hasil r hitung lebih besar dari r table, sehingga tes dinyatakan valid
5.      Berdasarkan analisis reliabilitas tes hasilnya soal dinyatakan reliable

B.     Saran

1.      Bagi mahasiswa calon guru:
a.   Untuk meningkatkan kualitas soal tes mahasiswa harus mengenal kriteria tes yang baik
b.  Mahasiswa harus banyak berlatih dalam pembuatan butir-butir soal yang sesuai dengan indikator.
2.      Bagi para guru:
a.       Hendaknya soal-soal yang telah dibuat dibukukan menjadi bank soal
b.    Guru harus mampu menganalisis soal tes yang dibuat agar kualitas soal tes menjadi lebih baik.









2 comments:

Unknown said...

Tolong lampirannya juga dimasukkan dalam tulisan di akhir tulissan

ariermawan said...

Oh iya pak, terima kasih koreksinya.
Harus ubek-ubek file dulu..

Komentar Terkini