Saya Ari Ermawan, CGP Angkatan 10 dari SDN Kembangan Utara 10 jakarta Barat.
Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan tugas Demosntrasi Kontekstual Modul 3.2
berupa menjawab pertanyaan berdasarkan video:
Apa visi dari sekolah tempat guru di video tersebut mengajar?
Jawaban:
- Visi sekolah tersebut adalah untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter kuat, kompeten, serta menciptakan lingkungan yang Aman, Sejuk, Rindang, dan Indah (ASRI).
Jawaban:
- Guru berupaya menciptakan ekosistem sekolah yang nyaman dan menyenangkan guna mendukung pembelajaran yang berfokus pada siswa, dengan tujuan mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Apa pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut?
- Bagaimana cara menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada siswa.
Kegiatan atau tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut yang menggambarkan tahapan berikut:
Jawaban:
a) Membuat pertanyaan:
- Berkolaborasi dengan rekan kerja untuk mengembangkan ide perubahan.
- Mengadakan brainstorming atau diskusi dengan siswa untuk meningkatkan semangat belajar.
- Meneliti kriteria kelas yang ideal yang nyaman dan menyenangkan serta berdampak positif pada semangat belajar siswa.
- Menanyakan kepada siswa apa saja yang memotivasi mereka dalam belajar.
b) Mengambil pelajaran:
- Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan studi banding atau belajar dari kelas lain dalam satu sekolah untuk mencari hal-hal positif.
- Guru mendorong siswa untuk menyampaikan pendapat mereka tentang aspek positif yang mereka temukan demi perbaikan lingkungan kelas mereka sendiri.
- Menggali informasi dari siswa mengenai hal-hal yang dapat memotivasi mereka untuk belajar.
- Guru mencari kelas yang sesuai dengan harapan siswa.
- Membandingkan satu kelas dengan kelas lainnya.
c) Menggali mimpi:
- Guru meminta siswa membayangkan kelas impian mereka di masa depan.
- Guru meminta siswa untuk menggambarkan seperti apa kelas impian mereka.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi ide mengenai kelas ideal dalam bentuk proyek kelompok.
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat mereka melalui presentasi kepada siswa lain.
d) Menjabarkan rencana:
- Guru memberi siswa kesempatan untuk merencanakan aksi dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan dengan tenggat waktu yang jelas.
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
- Setiap kelompok siswa diberi kesempatan untuk berkontribusi dan menentukan pembagian tugas.
- Guru dan siswa bersama-sama menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan kelas impian yang dapat memotivasi belajar.
e) Mengatur eksekusi:
- Menetapkan waktu mulai yang tepat bersama siswa untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
- Siswa diberdayakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk menciptakan kolaborasi dengan siswa lain.
- Guru memberikan bimbingan dan pendampingan serta membantu siswa ketika mereka menghadapi kesulitan.
- Guru memberikan penghargaan kepada semua siswa setelah berhasil menciptakan ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan.
Apa peran pemimpin yang ditampilkan dalam video tersebut?
Jawaban:
Pemimpin berperan dalam menjalankan fungsi manajemen, dengan langkah-langkah berikut:
a. Perencanaan (Planning): Merancang langkah-langkah taktis dan strategis untuk mewujudkan perubahan yang diinginkan.
b. Pengorganisasian (Organizing): Mengatur sumber daya yang ada agar lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan perubahan.
c. Pengarahan (Actuating): Mengarahkan siswa sesuai dengan kompetensi mereka melalui bimbingan, konsultasi, dan pemberian motivasi.
d. Evaluasi (Controlling): Mengevaluasi hasil kerja untuk memantau kemajuan dari rencana yang telah ditetapkan.
Apa modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam video tersebut, dan bagaimana pemanfaatannya?
Jawaban:
a. Modal Manusia:
- Rekan kerja: Berbagi ide untuk mewujudkan perubahan.
- Siswa: Memanfaatkan partisipasi siswa untuk menciptakan lingkungan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
b. Modal Sosial:
- Kerja sama antar kelas melalui studi banding untuk menemukan aspek positif dalam menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
c. Modal Fisik:
- Ruang kelas sebagai tempat utama untuk mewujudkan lingkungan yang menyenangkan.
- Pajangan atau ornamen untuk mempercantik kelas.
- Rak buku dan buku sebagai media penunjang pembelajaran.
- Kursi dan meja yang dapat diatur agar lebih fleksibel dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).
d. Modal Lingkungan:
- Menggunakan lingkungan kelas untuk bekerja sama dalam menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan.
- Mengoptimalkan lingkungan sekolah untuk memperindah ruang kelas.
e. Modal Finansial:
- Memanfaatkan perlengkapan yang tersedia di sekolah untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
f. Modal Agama dan Budaya:
- Menggunakan nilai-nilai agama dan budaya untuk memperkuat karakter siswa.
No comments:
Post a Comment