July 11, 2024

Refleksi 4P Modul 2.2 Ari Ermawan

 

Peristiwa

Dalam proses implementasi pembelajaran sosial dan emosional, saya memulai dengan mengadakan sesi perkenalan yang interaktif di mana siswa diajak untuk berbagi pengalaman dan perasaan mereka secara terbuka. Selanjutnya, saya mengintegrasikan kegiatan kolaboratif seperti diskusi kelompok dan permainan peran untuk mengajarkan empati dan kerjasama. Saya juga menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek di mana siswa bekerja bersama untuk menyelesaikan proyek yang berfokus pada isu sosial tertentu.

Perasaan

Selama proses tersebut, saya merasa sangat terinspirasi dan termotivasi. Melihat siswa aktif terlibat dan saling mendukung satu sama lain memberikan kepuasan tersendiri. Namun, ada juga momen-momen tantangan, terutama ketika beberapa siswa kesulitan untuk terbuka atau berkolaborasi. Meskipun demikian, secara keseluruhan, saya merasa bangga dengan progres yang telah dicapai.

Pembelajaran

Hal yang paling bermanfaat dari proses ini adalah meningkatnya kesadaran dan kemampuan siswa dalam memahami dan mengelola emosi mereka sendiri serta empati terhadap orang lain. Saya melihat adanya peningkatan dalam komunikasi antar siswa dan kemampuan mereka untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif. Umpan balik dari rekan sejawat juga sangat positif, mereka mengapresiasi pendekatan yang saya gunakan dan melihat dampak positifnya pada siswa.

Penerapan

Untuk meningkatkan dampak dari pembelajaran sosial dan emosional ini, saya berencana untuk lebih mendalami teknik-teknik yang dapat membantu siswa yang masih kesulitan untuk terbuka. Saya juga akan mengadakan sesi pelatihan dan diskusi dengan rekan guru lainnya untuk berbagi pengalaman dan strategi, sehingga pendekatan ini dapat diterapkan lebih luas di sekolah. Selain itu, saya ingin mengembangkan modul tambahan yang dapat digunakan oleh guru lain untuk memperkaya pembelajaran sosial dan emosional di kelas mereka.

No comments:

Komentar Terkini