July 16, 2020

Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Buatan



Tumbuhan dapat dikembangbiakkan oleh manusia, perkembangbiakan yang dibantu oleh manusia disebut perkembangbiakan vegetatif buatan. Contoh cara-cara perkembangbiakan vegetatif buatan adalah stek, cangkok, merunduk, okulasi, menyambung, dan kultur jaringan. 

1. Stek
Stek adalah perkembangbiakan dengan cara memotong batang tumbuhan dan menancapkan ke dalam tanah. Umumnya tumbuhan yang dapat distek adalah tumbuhan yang memiliki ruas dan mata tunas di bagian batangnya seperti singkong dan nanas.

2. Cangkok
Cangkok adalah perkembangbiakan dengan cara mengerat bagian kulit batang dan diikat dengan plastik yang diisi tanah, tujuannya supaya bagian tersebut tumbuh akar. Apabila akar dirasa sudah cukup kuat, bagian tanaman tersebut dapat dipotong dan ditanam di media tanam lainnya. Tanaman berkayu dapat dikembangbiakkan dengan cara mencangkok.

3. Merunduk
Merunduk biasanya dilakukan pada tanaman perdu berbatang kecil. Caranya dengan menempelkan batang ke tanah sehingga bagian tersebut tumbuh akar. Setelah akar cukup maka bagian tersebut dapat dipisahkan dari batang utamanya.

4. Okulasi
Okulasi biasa dilakukan oleh tukang tanaman untuk mendapatkan bunga yang berwarna-warni dalam satu pohon. Yaitu dengan cara menempelkan mata tunas tumbuhan yang berwarna lain ke tumbuhan induk. Misalnya dalam satu pohon bougenville disambung mata tunas bougenville lain yang berwarna jingga, merah, dan putih.

5. Menyambung
Menyambung dilakukan tukang bibit tanaman agar menghasilkan tanamana yang akarnya kuat, namun cepat berbuah. Misalnya tunas tanaman manga disambung dengan pucuk tanaman manga yang sudah pernah berbuah.

6. Kultur jaringan
Kultur jaringan dilakukan di laboratorium untuk mendapatkan varietas tumbuhan yang diharapkan.

Lengkapi tabel berikut dengan contoh-contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan secara vegetatif buatan!
No
Cara perkembangbiakan vegetatif buatan
Stek
Cangkok
Merunduk
Okulasi
Menyambung

1






2






3






4






5







Catat dan carilah arti istilah berikut di dalam KBBI V
1. Vegetatif = ....
2. Stek = ....
3. Okulasi = ....
4. Kultur jaringan = ....

Komentar Terkini