September 09, 2024

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.3 Ari Ermawan

Salam sehat, saya Ari Ermawan, calon Guru Penggerak Angkatan 10 Jakarta Barat. Dalam kesempatan ini, saya akan menyusun Jurnal Refleksi Dwi Mingguan untuk modul 3.3 mengenai Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Jurnal ini merupakan bagian dari refleksi diri setelah mengikuti kegiatan Pendidikan CGP selama dua minggu ke-2 dan akan ditulis secara rutin setiap dua minggu sebagai bagian dari tugas calon guru penggerak.

Untuk menyusun jurnal refleksi ini, saya menggunakan Model 1, yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Model 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P, yaitu: Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

Peristiwa (Fact)
Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid adalah modul penutup dalam Pendidikan Guru Penggerak ini. Sama seperti modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 dimulai dengan alur MERDEKA, yakni Mulai dari diri. Pada tahap ini, CGP dihadapkan pada dua pertanyaan utama: apa yang dimaksud dengan program berdampak pada murid dan bagaimana kaitannya dengan student agency. Dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari cara menyusun program yang berdampak pada murid serta menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan tiga aspek penting: suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Selain itu, materi juga mencakup lingkungan yang mendukung pengembangan kepemimpinan murid dan pentingnya keterlibatan komunitas. Di forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa CGP berbagi tentang program atau kegiatan yang telah dilakukan di sekolah mereka yang berdampak pada murid, sementara CGP lainnya memberikan umpan balik.

Perasaan (Feeling)
Minggu kedua ini merupakan campuran perasaan bahagia dan sedih. Saya merasa bahagia karena akhirnya kami mencapai modul terakhir dalam PGP angkatan 8 ini. Meskipun ada banyak tugas, saya berhasil menyelesaikannya sesuai jadwal, meskipun ada beberapa tugas yang sedikit terlambat. Saya juga merasa sangat bersyukur karena diberikan kesehatan dan kesempatan untuk sampai pada modul 3.3, mempelajari materi, dan berpartisipasi dalam Ruang Kolaborasi. Saya bertekad untuk menerapkan ilmu yang didapatkan di sekolah tempat saya mengajar agar berdampak positif bagi murid.

Namun, saya juga merasa sedih karena minggu ini adalah minggu terakhir kami berkolaborasi dengan fasilitator. Meskipun kami belum saling mengenal secara langsung, banyak ilmu berharga yang beliau sampaikan. Beliau juga banyak membantu saya selama PGP ini, terutama ketika menghadapi kendala seperti jaringan yang buruk, tugas yang terlupa, dan jadwal video conference yang terlewat. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Susanta dan juga Bapak Andi Rifaih selaku Pengajar Praktik atas semua bantuan dan kebaikannya selama ini, dan akan menyampaikan ucapan terima kasih ini secara langsung juga.

Pembelajaran (Findings)
Modul 3.3 ini memperdalam pemahaman saya mengenai bagaimana merancang program yang berdampak positif bagi murid. Program yang efektif diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency dengan memperhatikan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid. Penting untuk melakukan pemetaan aset atau mapping asset untuk memahami potensi sekolah, agar program dapat dioptimalkan dan hambatan dapat diminimalisir. Program yang berdampak positif juga bisa mendukung pencapaian visi dan misi sekolah.

Penerapan (Future)
Ke depannya, saya berencana untuk berkolaborasi dengan rekan guru dan murid di sekolah, berbagi pengetahuan, dan bersama-sama merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan memperhatikan suara (voice) dan pilihan (choice) mereka. Dengan demikian, program tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi murid dan menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap program yang telah dirancang bersama.

Demikian jurnal ini saya susun, semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Komentar Terkini